Duta Graphia Tebet Mengecewakan

Seperti yang sudah ditargetkan, bulan ini undangan harus masuk percetakan, jadi awal bulan ini gw udah sibuk mikirin undangan. gw cuma kepikiran dua vendor undangan. pertama, perkumpulan tempat undangan di pasar tebet sesuai yg dipake banyak orang. kedua, maplecard. berhubung maplecard jauh dan mahal, sedangkan pasar tebet deket dan murce, ya gw ke pasar tebet donk yaaa.

Disana gw pilih Duta Graphia karena sebagian besar toko disana ya si Duta Graphia itu, gw assume dia paling oke. Setelah ngobrol blablabla trus gw jelasin blablabla disepakatilah mereka bakal bikinin gw draft undangan sesuai keinginan gw.

Naaahhh, datenglah kemaren gw untuk liat draftnya. Ternyata mereka cuma ngeprint diatas kertas biasa, dah gitu item putih! Itupun masih banyak detail yang belum sesuai keinginan gw. Framenya masih salah, bunganya salah, font belum sesuai, alamat gw pun dia karang jadi jakarta utara! Yaa.. wajar sih sebetulnya, jarang langsung betul juga kan draft pertama.

Karena gw ga mau buang2 waktu, gw minta edit di komputer saat itu juga, supaya gw bisa milih bunga, frame, dan font yang sesuai, secara gw ga tau pilihan yg mereka punya. Dan si mbak2nya (well, her name’s mira) bilang kalo orang yang design udah mau pulang! BOK! itu jam setengah5 (dia bilang kalo tutupnya jam 6). Trus gw suruh nyoret2 aja di kertas dan kalo mau ngedit2 langsung harus dateng jam 2/jam 3 weekdays. Grrrrr!!!

Trusss yaaa, yang paling buruk adalah mereka ga bisa nyediain dummy undangan sebelum diprint banyak. Gw cuma suruh milih warna dari contoh yg udah ada. Gila! Kertas beda kan warna juga bisa jadi beda! Dan mata gw tuh udah jelalatan tapi ga nemu tuh contoh warna yang gw mau, gimana coba tuh? Oooh, ternyata vendor2 kayak gini yang bikin orang suka salah warna undangan saat udah jadi. Nikah itu kan spesial moment banget, maunya semua perfect, vendor2 nikahan harusnya memegang ini supaya ga asal. huh!

Ah hati kecewa, huhuhu.

22 thoughts on “Duta Graphia Tebet Mengecewakan

  1. hmm.. klo gw kemaren sih ke TransPrinting bu, lebih murah dan enak diajak kerjasama. coba tanya ama herika deh :p dia tu yang lebih tau :D

    • gw abis baca review orang2 nih, mat.. di ps. tebet juga ya? bagus sih reviewnya.. ntar gw coba tanya2 deh.. thanks ya infonya.. nanti kalo kurang jelas gw tanya herika deh.. :D

  2. hahaha..namanya percetakan di pasar tebet emang gtu ril..murah sih memang, tp susah euy klo disuruh nyiapin satu dummy..abisnya kan klo mau buat dummy kan ada apa gtu yang mesti dibikin&itu mahal..haha..gw tau ini krn kk’ spupu gw kan punya toko di ps tebet dan dia blg susah nyiapin dummy gitu..

    Kenapa ga coba hikari card ril?gw pernah baca di salah satu wedding blog, dia pake itu, harganya bersaing dan hasilnya keren..punya dia harganya bisa dibawah 10rb *pdhl gw pikir dgn model undangan tuh orang bisa sampe 15rban*..

    semangaaat rill!! eh,selasa besok gw libur..ketemuan yuuk pulang loe kerja..

  3. Ril, rata2 vendor di tebet memang ga mau bikinin dummy dengan alasan harga cetak dummy sama aja kyk mau cetak undangannya krn harus buat film dsb (which gue ga ngerti juga gimana detilnya).. Kalau mau bikin di tebet sih, lo harus punya contoh model dan warna undangannya.. saran gue pilih warna yg memang udah ada contoh jadi undangan di tokonya, jadi ga takut beda pas dicetak nanti.. :)

    Gud luck for ur wedding prep yah.. semangat terus.. :)

  4. klo lo gak sreg, prefer ganti dan cari yang bisa muasin keinginan lo.
    gue tau kok Duta Graphia itu karena percetakan undangan wedding kaka di depannya yaitu Exposs Undangan.
    And u know what? Undangan kaka khan emang didesain sendiri biar beda sama yang lain. MUSTI NAIK CETAK ULANG di H-14 dimana seharusnya undangan itu udah disebar.
    Bagusnya sih orang Exposs bekerjasama dan janji dalam waktu seminggu undangan baru akan jadi.
    Jadi ganti warna COKLAT to PINK. So, we’ll having Pink Partee.
    Gue blom upload semua update tentang persiapan kaka, kalo udah i’ll tag u hahha
    Sabar2 deehh.. *curcolan adik yg jadi WO*

  5. Halo salam kenal…

    kita sama nih, sama2 kecewa sama vendor undangan. Traget meleset. Dia minta pengerjaan 1 bulan, tapi sampe sekarang design blm final. Duh mangkel banget deh..

    sukses ya persiapannya.. :D

  6. DUTA GRAPHIA IS NOT RECOMMENDED… UNDANGAN SAYA TELAT HAMPIRRR SEBULAAANNN… JANGAN PADA PESEN DI SANA SARAN SAYA, SAMPAI SEKARANG BLM JADI.. BOSnya EMANG BAJINGAN.. KALO GA SANGGUP Ya HARUSNYA JANGAN TERIMA ORDER…

  7. samaaaa :(((
    kali ini aku yg kena,
    pesen undangan ke duta graphia dari tanggal 16september dan ditulis 20oktober uda jadi, tiap aku sms si embaknya yg namanya “erny” ga pernah dibalez,ditelpon ga bs,sekali bisa ga diangkat.
    akhirnya tanggal 21oktober aku datengin ke TKP, mbaknya ga masuk booo’
    dan semua yg kerja disana ga tau progress undangan punyaku, termasuk bossnya yg cuman bisa melongo bego!
    ratusan kali si erny ditelpon ga diangkat,skali diangkat dia bilang fotonya belom kering, God Damn!!! sebulaaan gitu loh,lebih malah,ngapain aja dr kmrn2

  8. Duta Graphia Pasar Tebet Very Very Not Recommended..
    Undangan kakak gw dibikin di sana.
    Hari Rabu Tanggal 21 September gw liat2 di tebet, pertama mampir ke Ant’s.. tapi lumayan mahal (13rb).
    Ketemu kios kecil (lupa namanya) untuk desain yg sama dia minta 6rb tapi dianya ga punya mesin cetak sendiri. Ane gak yakin model kek gini..
    Jadi ketemulah yg namanya Duta Graphia. Setelah nego2 dikit, fix di harga 8rb.
    Keesokan harinya (Kamis, 22 Sept) balik lagi buat nyerahin konsep undangan. Kata mba yg jaga (marketingnya), nama mba nya MILA, Sabtu draftnya sdh bisa diliat. Karena ga sempat ke sana Sabtu, Seninnya gw ksana. and you know what?? Draftnya blm dikerjain sama sekali. kata mba Mila langsung aja ke desainer nya. WTF.. gw tungguin 3 Jam barulah draftnya kelar.
    Setelah Ok, esoknya gw bayar DP dan dijanjikan undangan bisa diambil tgl 23 Oktober 2011.
    tanggal 24 Oktober gw telpon, katanya belum selesai. lagi ngerjain hardcovernya… tanggal 26 gw nelpon lg, katanya belum juga… arrrrggghhh.. mana undangannya musti dikirim ke daerah.. padahal gw udah setting pengirimannya pada hr sabtu atau minggu bertepatan dgn acara bokap di jakarta, jadi sekalian aja dititipin.. itung2 ngurangin ongkos kirim.
    Hari kamis (26/10) gw nelpon lg, katanya Sabtu sore bisa diambil.
    Guess what?? yeeeaahh… Sabtu sore molor lagi.. katanya minggu sebagian udah selesai dan bisa diambil. Final senin sore..
    Gw bilang ya udah sekalian Senin aja.. fyi, ongkos transport gw kostan-Tebet pp = 40rb.
    Senin sore jam 3an gw kesana. dan Lagi2 Duta Graphia melanjutkan tradisinya… Undangan belum dimasukin ke dlm amplop. Amplop masih dikerjain.. masih dilipat & dilem.
    gw disuruh balik hbs maghrib.
    Jam 6 teng gw balik, blm kelar juga… Akhirnya gw nunggu 1 jam sampai semuanya bisa dibawa pulang.. itupun dgn catatan belum semua undangan yg diamplopin. eh, gak semua bisa dibawa pulang… :D
    masih ada 20 undangan yg katanya rusak.. WTF..
    Tapi gpp sih. gw juga pengen liat satu per satu undangannya sebelum diamplopin. kali aja ada yg cacat..
    Tiba di kostan gw langsung periksa satu per satu undangannya. dan hasilnya… eng ing eng….. dari 580 undangan yg sudah diambil, 210 undangan saja yang mulus tanpa cacat.. sisanya cacat mulai dari cacat sedang hingga berat..
    cacatnya umumnya sama:
    di hardcover bagian lipatan luar (punggung) di kedua ujung (kiri dan kanan) yg terkena embos, pada hancur, robek, bolong, whateverlah istilahnya.. Tapi karena hari H udah mepet banget (H-14) ditambah lagi undangan msh akan melewati proses pengiriman ke daerah, maka ada beberapa undangan yg tingkat kecacatannya masih bisa ditolerir terpaksa gak dibalikin.
    Total undangan yg dibalikin = 46buah. ditambah 20 jadi masih ada 66 yg belum selesai pengerjaannya..
    Waktu gw balikin, kata bosnya penyebabnya karena pas dia beli bahan, dapetnya bahan yg jelek… WTF (again)… UDah tau jelek koq masih terus menerus dipake buat cetak. Yah minimal ada beberapa lah yg rusak.. tapi kalo 65% yang cacat artinya mereka emang ga mau bertanggung jawab. udah tau bahan jelek masih aja dipake.. kalo emang tau jelek, seengganya cetakan2 awal aja yg cacat. selebihnya kudu diganti dong bahannya..
    Sekarang (H-11) nasib 66 undangan masih belum Jelas.. X_X

  9. duta graphia sangat tidak direkomendasikan oleh gue sendiri, yg sampe sekarang undangan gue molor 3 minggu lebih dari janjinya yg katanya selesai sebulan setelah bayar DP kedua.
    dan yg paling bikin kesel waktu gue nelponin meymey (orang yg ngurusin undangan gue) kaga pernah diangkat, sampe akhirnya gue pake private number biar no hp gue ga ketauan, and guess what.. diangkat sama dia.. langsunglah gue omelin abis2an tuh meymey.
    akhirnya gue datengin langsung kesana, dimana kalo hari kerja gue ga bs dtg, jadi gue dateng kalo ga sabtu ya minggu..
    ketemu bosnya langsung pak jamuri, dan sama aja ternyata tanggal yg dijanjiin sebulan udah selese taunya undangan gue belum dicetak..
    kalo nelpon emang bakal susah buat ngejarnya, makanya gue suruh aja supir gue buat ngecekin bolak-balik ke tebet (kasian juga sih karena buang2 waktu dan ongkos) tapi mau gimana lagi, mereka tuh emang GA PROFESIONAL..
    alesannya tanggal undangan gue masih lama, jadinya mereka nyelesein yg tanggalnya udah deket2 dulu, yaa kalo gini sampe kapan pun orang yg dateng mesen undangan kesitu yaa ga bakalan bisa tepat waktu selesainya..
    baca semua komen diatas, jadi makin tambah kesel gue sama ulah mereka, semoga aja mereka dapat karma.. amiinn…

  10. Gw juga kecewa bangettttt sm percetakan ini!!! Undangan gw kelar nya molor 1,5 bulan dr yg d janjikan.. Hasilnya juga gak sesuai!!!

  11. sama Bu, Ane pas jadi nyesel, nyesek banget, warna gak sesuai, undangan melengkung… pokoknya parah abis…..
    MENGHIMBAU AJA KALO CETAK UNDANGAN JANGAN DI DUTA GRAPIA…
    ANCUR BANGET….
    MEREKA MENEKANKAN QUANTITI BUKAN QUALITY………

Leave a Reply

