a seminar by yoris sebastian

Jumat kemaren Nielsen ngadain seminar sehari untuk para pegawainya. Di seminar kali ini yang dibahas bukan tentang market research, tapi lebih banyak tentang inovatif. Salah satu pembicaranya adalah Yoris Sebastian, penulis creative junkies. Wiihiii.. gw excited banget begitu tau dia jadi pembicara!😀

Well, since Yoris ini adalah orang kreatif, seminarnya ga jauh2 tentang kreatif donk yaa. Dia ini penganut happimonic, from happy and economic. Maksudnya, yang pertama harus seneng, then money will follow.

Yoris bilang, kreatifitas adalah skill yg bisa dilatih. Gimana cara melatihnya? Latihlah otak kanan anda! Gimana cara melatih otak kanan? Ini beberapa caranya:

Break Your Routine

Jangan takut untuk melakukan hal-hal yg ga sesuai rutinitas. Mulai aja dari hal simple kayak nyari jalur yg beda saat berangkat kantor. Atau menjadikan buah sebagai makanan pertama saat kondangan, mayan kan ga ngantri, hehe..

Practice Makes Perfect

Cobalah! Jangan takut melakukan kesalahan, selama itu masih kesalahan pertama. Bukankah selalu ada yg bisa kita pelajari dari setiap kesalahan yg terjadi.  But don’t make double mistake. Untuk melatihnya, main game bagus juga, karena melatih kita gak takut melakukan kesalahan, tapiii inget waktu yah! =)

Music For Right Brain, Music For Inspiration

Yaaa udah pada tau lah ya kalo musik bisa menstimulasi otak kanan. Tapi selain itu, musik juga bisa ngasih inspirasi. Salah satu contoh lagu yg menginspirasi Yoris adalah lagu Man in The Mirror-nya MJ. See, bahkan dengerin lirik musik aja bisa ngasih inspirasi.

Become Problem Solver

Saat lo mencoba untuk menyelesaikan masalah, pastinya lo dituntut untuk berpikir kreatif. Nah, mulai sekarang yuk coba jadi bagian dari pemecah masalah, bukan cuma pembuat masalah, hehe. Sekalian melatih otak untuk jadi kreatif.

Normal Is Not Good

Cari hal-hal yg berbeda tapiii pastiin apa yg kita lakuin ga merugikan orang lain. Entah kenapa pengen menggunakan si Rajasa sebagai contoh. Ya, mungkin karena dia orang paling ga normal sedunia, haha. Dia kerja remote dan malem2, ini aja udah ga normal. Lalu dia juga ngejalanin gantibaju.com, satu bidang yg normalnya ga digeluti anak kampusnya. Dan bidang ini terus menuntut dia untuk inovatif. Di sisi laen juga bantu orang semakin kreatif. Yang paling penting, dia tampak seneng banget ngejalanin semuanya. Ayo coba bandingin dengan kita2 yg kerja normal. *pingsan*

Itu sebagian point yg dibahas Yoris selama seminar. Bisa follow twitternya, @yoris. Siapa tau dapet makin banyak ide. Salam kreatif!!🙂

Posted in: Uncategorized

2 thoughts on “a seminar by yoris sebastian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s