Tedak Siten

Gue dan suami sama sekali bukan penggemar acara adat. Tapi untuk acara tedak siten, kita justru pengen banget. Alesannya simple: lucuk! Hahaha..

Recently Updated2

Dalam tradisi jawa, tedak siten adalah upacara yang diadakan saat anak sulung berusia tujuh lapan (7 x 38) atau ketika anak sudah mulai belajar jalan. Intinya sih di upacara ini seorang anak diperkenalkan dengan tanah untuk pertama kalinya, makanya sering disebut juga upacara turun tanah. *yes, kalo orang jawa, sebelum 7 bulan biasanya belum boleh injek lantai, nanti cacingan. #eh*

Sebetulnya upacara tedak siten untuk Ashya diadain tanggal 29 April lalu, cuma gue sibuk nonton we got married, jadi baru sempet cerita di blog sekarang, hihi. Acaranya kecil2an aja, cuma ngundang anak2 kecil di sekitar rumah dan keluarga deket.

Recently Updated3

Harusnya acara dimulai dengan Ashya dimandiin, tp berhubung dia udah mandi jadi langsung prosesi ganti baju. Dia pake dress putih dan bando putih (bikinan gue sendiri loh). Setelah rapi, Ashya gue bawa melangkah di atas ketan 7 warna. Arti dari tujuh warna ini apa? Silakan di google karena gue juga ga tau, haha..

Acara selanjutnya adalah Ashya naik tangga tebu. Maksudnya agar si anak kelak memiliki keteguhan hati dalam mengejar cita-cita dan gak gampang menyerah (ini hasil googling! hahaha). Saat acara, tebu gue hias2 lucu pake kertas crepe gitu, jadi lebih keliatan kayak bambu. *gagal* Intermezzo dikit ya: gara-gara acara ini, gue jadi ngerasain makan tebu untuk pertama kalinya! Rasa penasaran sejak kecil terbayar sudah, hahha.. *iye, abis acara langsung gue makan!*

Kemudian masuklah kita ka bagian yg ditunggu2, Ashya masuk kurungan ayam dan disuruh milih barang. Ada buku, sisir, hp, stetoskop, dll dll. Awalnya gue pikir dia akan pilih buku karena dia hobby bgt ngerebut buku gue, ternyata oh ternyataaa.. Yang dipilih stetoskop sodara2! Hahaha.. Mudah2an bisa jadi dokter ya, nak.

Abis itu doa dipimpin eyang kung-nya ashya dan ditutup dengan sebar duit receh ke anak2 kecil yg dateng. Ini juga seruuu, super heboh. Berasa raja minyak deh gue sebar-sebar duit, hahaha.. Udah deh, abis itu makan2 keluarga. Karena orangnya cuma dikit, jd kerasa lebih hangat. *lope lope*

Sekarang ashya udah mulai berkeliaran di lantai udah makin sering jatoh kejedot sana sini. Mudah2an ini bikin dia makin kuat ya. Entahlah apa hubungan kejedot dan kuat. Zzz…

Posted in: Uncategorized

Leave a Reply

