To-Do List Sebelum Melahirkan

Di hari kamis yang panas membara seperti cintaku padamu, gue mau share sedikit tentang beberapa hal yang -menurut gue- wajib dilakukan sebelum menyambut kelahiran si kecil *tumben tulisan lo bener, ril* *yoi dong* Cekidot!

  • Putuskan Rumah Sakit mana yang akan dijadikan tempat melahirkan lalu tanya semua hal mengenai melahirkan secara detail. Seperti: mereka ada IMD gak, mereka pro-ASI gak (kalo enggak, lo harus siap bawel setelah melahirkan), harus booking kamar atau gak, dan yang paling penting: biayanya (coba tanya paketannya).
  • Melajutkan point pertama. Setelah tau berapa biayanya, siapkan! Yang harus disiapin adalah biaya untuk worst case. Jangan maksa istri lo dengan bilang “pokoknya harus normal biar murah!” Lo aja melahirkan sendiri sana! Kita gak pernah tahu apa yang terjadi di hari H. Untuk kasus gue, kolam water birth udah di tiup suster dan siap diisi air karena selama 9 bulan semua normal-normal aja, ternyata gue tetep harus C-Section.
  • Perbanyak pengetahuan tentang ASI. Paling enak sih ikut kelas laktasi, jadi bisa langsung nanya-nanya. Bisa ikut AIMI atau di RSIA juga biasanya ada. Pentingnya ASI ini bisa digoogling sendiri lah ya, tapi kadang ada hal-hal yang menggoda para ibu baru untuk menyerah. Misalnya mengalami sakit pas menyusui, ketemu dokter yang gak pro-ASI, sampe omongan-omongan tetua yang salah. Dengan pengetahuan tentang ASI, biasanya tekad untuk kasih ASIX jadi lebih kuat. Jadi untuk yang satu ini, malesnya dibuang dulu ke laut ya. Jangan lupa suami kudu banget wajib ikut! Fardhu ain!
  • Ikut senam hamil. Mungkin sebagian orang udah ditetapkan dokter harus C-Section, tapi ternyata senam hamil gak cuma belajar ngatur nafas pas lahiran kok. Tapi ngajarin gerakan-gerakan dan posisi-posisi untuk mengatasi sakit-sakit, pegel-pegel, sampe kaki bengkak pas hamil. Perut boleh buncit, kaki harus tetep seksi. Itu prinsip!
  • Siapkan perlengkapan bayi sedini mungkin. Di Indonesia banyak yang bilang sebelum 7 bulan itu pamali, okelah, kalo gitu pas tujuh bulan langsung belanja! Kebutuhan bayi itu buanyaaaak banget. Lo butuh badan yang masih sangat fit untuk bantuin suami angkat-angkat belanjaan saking banyaknya. Sekarang sih emang bisa belanja via online, tapi kalo lo belanja banyak, beda harganya bisa jauh banget dibanding pergi sendiri ke ITC. What? Mau belanja di mothercare? Jauh dari lengkap!
  • Siapkan nama bayi. Gue gak pernah ngerti kenapa banyak orang belum ngasih nama bayi pas udah melahirkan. Lo punya 9 bulan buat mikir gitu. Lo tinggal tidur-tiduran sama suami sambil buka buku nama bayi dan googling. Ini adalah kegiatan paling menyenangkan. Gue aja udah siap nama kalo nanti punya anak cowo. *lebay lo, ril* 

Menurut pengalaman gue yang baru sekali melahirkan sih itu aja. Mungkin ada ibu-ibu yang udah melahirkan 11 kali, silakan loh nambahin, pasti lebih ahli! Sekian dan terimakasih.

#31harimenulis #day8

Posted in: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s