Donor ASI

Yaaaahhh.. kemaren kelewatan nulis buat #31harimenulis, hiksss.. Biasalah ya anak muda, kalo hari minggu kan begaol ke rumah mertua *nyengir* Baiklah, kalo gitu hari ini gue harus nulis dua kali. Berhubung ini hari senin, gue memilih untuk bahas topik yang serius biar pusingnya polll! *ketawa setan*

Yuuueeekk!

Disclaimer: Gue bukan ahli laktasi jadi yang gue utarakan di sini murni pendapat gue. Correct me if I’m wrong.

Gerakan ASI eksklusif bener2 lg kenceng banget sekarang jadi jangan heran kalo semakin banyak ibu yang mati2an pengen anaknya dapet ASI eksklusif. Which is great. Dan dengan bangga gue bilang gue adalah salah satu ibu2 itu. Gue bahkan memasukkan “sukses ASIX 6 bulan” dalam resolusi tahun 2012 gue.

Dengan banyaknya organisasi atau klinik laktasi, ibu2 yang mengalami masalah menyusui jadi lebih gampang dapet solusi dari masalahnya. Gimana enggak, disini kita bisa konsultasi bahkan dapet donor ASI kalo sedang bermasalah memberi ASI.

Donor ASI. Itu yg mau gue bahas.

Seperti yang sudah diketahui ibu2, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan pakai donor ASI. Pastinya kondisi pendonor gak ada penyakit-penyakit tertentu, terus buat yang muslim biasanya cari sesama muslim untuk memastikan pendonor gak makan makanan yang diharamkan dalam islam. Well, ini sih semua ibu jg tau ya.

Tapi menurut gue ada satu hal yang harus selalu diinget: anak kita gak boleh menikah dgn sodara sepersusuannya. Karena bila bayi telah menerima ASI donor dengan kenyang minimal 5 kali, maka SEMUA keturunan dari pendonor menjadi muhrim bagi bayi itu. Do you even know anak dari pemberi donor? Tau! Great! Karena emang biasanya ada data pendonor serta anak pendonor. Tapi itu anaknya yang sekarang loh, bagaimana dengan anaknya 3 atau 8 tahun lagi?

Oleh karena itu, alangkah baiknya kalo silaturahmi antara pendonor dan yang dapet donor tetap dijaga. Peringatan ini yang jarang gue denger. Bahkan, gawatnya, pernah ada kasus ASIP hilang setengah botol di sebuah RSIA. Which is kemungkinannya ASIP itu dikasih ke bayi lain tanpa sepengetahuan pemilik ASIP! Kacau kan? Mendukung gerakan ASIX ini bagus banget, tapi jangan jadi buta dengan mencuri karena urusannya dengan masa depan manusia dan keturunannya.

Imho, akan lebih baik memberi dan mendapatkan donor ASI dari orang2 terdekat. Bisa sodara atau sahabat, jd kemungkinan lose contact jg kecil banget. Anak gue sendiri pernah dapet donor ASI dari kakak ipar gue yang baik hati. Alhamdulillah, dapetnya dari orang terdekat jadi insyaAllah keturunan kakak ipar selalu dalam pantauan gue.

But well, sekali lg, gue bukan ahli laktasi, bukan ahli agama. Ilmu gue cetek lah kalo cuma dateng kelas edukasi dan baca2 buku dan interneet. Mohon dikoreksi kalo ada yg salah.

Semangat menyusui ibu2!😀

#31harimenulis #day11

Posted in: Uncategorized

Leave a Reply

