Gerakan Tutup Mulut Bayi

Don’t ask me about my #31harimenulis project. Iye, gagal jaya. Berhenti di day21. Cupu ah.

Anyway, gue mau cerita tentang GTM alias gerakan tutup mulut pertamanya Ashya. Ohemji! Ternyata emang bener bikin setres ya, ibu2! *ngurut dada* Tambah setres lagi karena emang pas banget lagi banyak yg harus gue kerjain. *ngurut otak* Tapi anak selalu ada di prioritas utama gue, soo.. yuk dadah byebye laptop!

Alhamdulillah selama ini Ashya tergolong bayi yang makannya gampang banget dan gak terlalu pemilih. Apa aja dikunyah sama dia. Tiap liat orang makan, bawaannya mau ikutan makan juga. Dan yang paling super duper heboh adalah kalo ada orang makan kerupuk. Mungkin buat bayi, bunyi krauk2 itu seksi kali yak.

Sampe hari ini tiba2 dia menutup mulutnya rapat2 setiap disodorin makanan. Why oh why anakkuuu?

Berdasarkan hasil penelusuran di rimba google, GTM ini emang hal normal di anak usia 9 bulan – 3 tahun. Ada dua penyebab GTM. Pertama, organik: radang, gigi tumbuh, sariawan, dan sejenisnya. Kedua, non-organik: suasana hati bayi atau lingkungan gak enak. Menurut pengamatan gue, sepertinya pernyebab GTM-nya Ashya adalah yg pertama karena emang gigi atasnya baru mau tumbuh, jadi mungkin perih2, gatel2, gimana gituuuh.

Karena gue takut dia kelaperan, jadi gue akhirnya mencoba berbagai cara supaya dia mau makan. Gue bolehin dia makan sambil nonton TV, gagal. Gue bolehin dia makan sambil digendong2, tetep gagal. Jangankan makan makanan berat, biskuit kesukaannya aja dilempar. Pffft.

Sebagai emak yg mengaku cerdas, gue gak boleh kehilangan akal. Menjelang sore gue ajak Ashya ke pizza hut terdekat. Kenapa? Karena setiap makan di luar, Ashya cenderung lebih tenang dan kalem. Jaim kok dari bayi sih, nak. Begitu di pizza hut, taaadaaa.. alhamdulillah dia mau makan. Tapiiii cuma seperempat porsi normalnya, huhu.. tapi lumayan lah yaaa..

Selebihnya, dia memilih untuk jerit2 dengan suara super nyaring dari pada makan. OMG, ini bocah udah tau cara cari perhatian dari orok yak. Semua orang bener-bener ngeliatin ke meja gue. Tau bakal diliatin orang banyak, gue dandan cantik dulu di rumah. Siapa tau ada produser sinetron lagi cari arteees. Nyesel deh pake baju ama jilbab gak matching. *selfkeplak*

Tapi kegagalan hanyalah keberhasilan yg tertunda. Malem2 gue coba kasih dia makan lagi. Gue bikinin oatmeal plus apel, jadi rasanya manis. Mungkin dia bosen sama bubur dan mashed potato yg gurih2. Dan akhirnya BERHASIL sodara-sodaraaa! Saya bahagiaaa! Emang gue emak kece deh! Hahaha..

Kesimpulan: Kalo bayi anda pasang aksi GTM, mungkin dia cuma bosen sama menu makanannya. Be creative! *belagu lo ril*

Posted in: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s