Puasa dan Menyusui

Akhirnya sempet nulis blog lagiii. Banyak banget yg pengen diceritain, tapi gue lagi sok sibuk banget, jadi gak sempet2. Gaya kan gue, macam artes sinetron aja kelakuan!

Salah satu yang mau gue ceritain adalah pengalaman menyusui sambil puasa ramadhan. Ini pengalaman pertama gue dan tentu saja awalnya gue sempet dagdigdug banget, takut gak kuat. Soalnya setiap kali menyusui bawaannya tuh langsung hauuuss banget. Tapi kalo mau gak puasa lagi tahun ini kok kayaknya sayang banget ya, soalnya tahun kemaren udah gak ikutan puasa karena hamil gede.

Setelah dipikir masak2 sampe mateng, gue memutuskan untuk ikut puasa dengan pertimbangan Ashya udah mulai makan makanan pendamping ASI, jadi gak full bergantung ke ASI. Dan resmilah tahun ini jadi pengalaman pertama gue puasa sambil menyusui. Bekalnya adalah optimis dan rasa gak mau kalah sama anak TK! Yeah!

Hari pertama! Hauuusss, sodara2! Seriously, pertama menyusui langsung haus setengah idup. MashaAllah!!! Tapi gue kembali inget, gue gak boleh kalah sama anak TK yang baru belajar puasa, maka luluslah puasa gue hari pertama. *prok prok prok* Tapi ini tentu jadi pelajaran banget, gue jadi banyak minum air saat sahur. Meskipun ujung2nya abis subuh gak bisa tidur karena pipis mulu.

Alhamdulillah hari2 selanjutnya gak ada hambatan yang berarti. Lancar jayaaaa. Hausnya pun normal orang puasa. Mungkin badan cuma kaget ya di hari pertama atau mungkin strategi minum banyak saat sahur emang mujarab. Ashya nenennya juga tetep gak masalah. Emang ya, dimana ada niat, disitu ada jalan. Dimana ada ketupat, disitu ada lebaran. *maksaaaa loooo riiilll*

Jadi buat para ibu2 yang galau mau puasa atau gak saat menyusui, mending tanya sama dokter deh. Kalau dibolehin, artinya pasti bisaaa! Ingat, modalnya dua: optimis dan rasa gak mau kalah sama anak TK! Semangaaatt! Muah!

One thought on “Puasa dan Menyusui

Leave a Reply

