Perjalanan Dear Friend With Love

Masalah yang sering gue alami saat nulis adalah gue sering kehilangan mood di tengah jalan. Hasilnya, biasanya tulisannya gantung alias gak kelar. Sampai akhirnya suami gue ngasih ide untuk gue bikin sebuah novel blog. Harapannya, kalo gue nulisnya di blog, akan ada beberapa orang yang baca dan nuntut untuk gue update terus ceritanya. Gue pikir, gak ada salahnya dicoba, sepait2nya paling dihina orang2 (makanya novel blog pertama gue anonymous, hahaha).

Novel blog pertama gue, The Marriage Rollercoaster, ternyata dapet respon yang lumayan dari pembaca. Ini bikin gue semangat banget untuk bikin novel blog kedua, Dear Friend With Love. Alhamdulillah, respon pembaca lebih bagus lagi (meskipun kritik2 pait sih tetep ada pastinya. well, we grow from it lah ya). Mungkin karena banyak yang ngalamin friendzone (seperti tokoh dalam novel), hahaha.. *dikeplakin pembaca*

Dulu DFWL ini di-update setiap rabu, jadi setiap selasa malem pasti gue stress update cerita, but I enjoyed every single second of writing it. Dan setiap terbit episode baru, gue pasti langsung sebar link-nya ke social media biar makin banyak yg baca. Seneng banget deh, banyak temen-temen yang mau bantu sebarin link blog ini juga *thank youuu*. Jadi kalo gue lagi googling, gue sering banget nemu orang-orang gak gue kenal ngomongin DFWL di twitter. Gak cuma itu, gue bahkan pernah nemu blog yang isinya sebagian besar quote yang diambil dari DFWL. Rasanya? Seneng campur terharu banget karena ada orang yang suka sama karya gue. *menitikkan air mata norak*

Beberapa minggu menjelang episode ending DFWL, gue tiba-tiba dapet ide untuk ngebukuin cerita ini, jadi pembaca harus beli bukunya untuk tau endingnya *cara licik biar dibeli, muahahaha* Karena waktunya udah mepet, jelas gak mungkin diajuin ke penerbit jadi gue memutuskan untuk selfpublish via @nulisbuku. Singkat cerita, akhirnya DFWL resmi jadi buku pertama gue.🙂

Tapi gue gak berhenti disitu.

Semua penulis pasti pengen bukunya diterbitin major publisher dan masuk toko buku gede se-Indonesia Raya. Jadilah gue putuskan untuk kirim buku gue ke @stiletto_book. Setelah penantian panjang berbulan-bulan (mulai deh lebay), pada suatu siang gue dapet email dari Stiletto Book yang isinya.. Selamat! Novel kamu akan kami terbitkan blablabla.. (lanjutannya udah gak merhatiin deh yaaa, keburu loncat2 kegirangan). Happy to the maxxxx!

Tentu saja ada proses revisi disana sini, tapi gue seneng banget karena Mbak Dewi (owner Stiletto Book sekaligus editor DFWL) justru ngebantu ngedit kalimat-kalimat gue jadi lebih clear dan gak nuntut gue untuk ubah cerita begini begitu begindang. Bisa dibilang smooth banget proses editingnya. Oh, dan part yang gak kalah menyenangkan adalah saat gue diminta milih satu cover di antara tiga. Tiga-tiganya lucuuuukkk paarraaaahh (meskipun ini jadinya bikin rada pusing ya mau pilih yang mana, hehe).

Cover 2_resize

Dan sekaraaaang, Alhamdulillah bangeeettt, semua proses pembentukan bukunya udah beresss. Bukunya udah jadiii, sodara-sodara!!! Beberapa waktu lalu udah diworo-woro di social media sebagai coming soon book. Dan minggu lalu, warga jogja udah bisa dapet duluan di Jogja Book Fair. InsyaAllah, pertengahan bulan ini DFWL akan segera hadir di toko buku terdekat (jangan lupa beli!).

Ya, Dear Friend With Love mengalami satu perjalanan panjang. Mulai dari jadi novel blog, self-published book, sampe akhirnya diterbitkan penerbit dan siap masuk toko buku. Kalo DFWL ini bola, akhirnya dia masuk gawang. Goalnya. Tempat dimana dia diharapkan. :’)

Mencapai mimpi itu kadang emang perlu melalui perjalanan panjang. Gak ada yang janjiin semua akan gampang. Tetap semangat!

One thought on “Perjalanan Dear Friend With Love

Leave a Reply

