Melukis

Kata nyokap, waktu kecil gue sama sekali gak suka nonton TV. Kalau temen2 gue ngumpul di rumah dan nonton TV bareng2, biasanya gue justru bakal sibuk sendiri sama mainan gue dan gak ikutan nonton TV. Setelah gue ingat2, sampe gedepun gue kurang suka nonton. Paling mentok nonton donlotan di laptop. Itupun setelah dapet banyak masukan kalo series/film-nya beneran bagus. Bahkan nonton bioskop aja pasti karena ajakan suami atau temen, gak pernah deh inisiatif gue.

Entah kenapa ini berbanding terbalik banget sama Ashya. Dia sukaaa bangeettt nonton TV. Dia penggemar berat Hi-5 dan Mister Maker. Saking sukanya nonton TV, dia pernah ngambek saat gue ajak pergi karena dia lagi asyik nonton TV. Paraaah! Padahal dr. Yovita, DSA-nya di RSPI juga bilang kalau jatah maksimal nonton TV hanya 1 jam sehari. Wakwaw!

Akhirnya gue beneran mencari cara biar dia gak nonton TV mulu. Gue ajakin dia main macem-macem untuk mengalihkan perhatiannya. Kadang main blocks, kadang main origami, pernah juga main play doh. Tapi di antara segala kegiatan main-main itu, ternyata dia paling suka kegiatan melukis. Asli deh, bangun tidur minta ngelukis. Sebelum tidur ngelukis lagi.

IMG_5705
IMG_5704
IMG_5692

Emang sih Ashya ini suka banget sama segala kegiatan menggambar, pake cat air ataupun pake spidol. Beberapa waktu lalu gue bahkan sempet kaget waktu dia bisa gambar kepala (peyang) dan rambut jiggrik plus dua mata, hidung, dan mulut. Ya ampun, kayaknya dia dapet bakat gambar ayahnya deh. Secara emaknya ini kan nulis aja kayak cakar ayam, hihi..

Modalnya dia untuk main-main jadi pelukis ini juga murah meriah sajah. Gue cuma beliin dia cat air yang bulet2 dalam kemasan itu lho (gak tau namanya apa, pokoknya yang udah ada dari jaman dulu, hihi). Terus ngelukisnya pun pake kertas dari buku sketsa yang gak kepake. Soalnya kalo pake HVS terlalu tipis jadi mudah robek, sedangkan kalo pake kanvas beneran kan mehong ya bok. Nah, kertas sketsanya tinggal ditempel di tembok belakang rumah. Palingan tembok belakang yang jadi agak kena bercak cat, tapi no problem lah, toh gak keliatan. Dan lagi tembok belakang rumah gue belum di cat juga, jadi rela aja deh, hahaha..

Gue emang berencara membiarkan dia bermain sepuasnya. Juga membuka jalan selebar-lebarnya buat dia menemukan passionnya. Jangan sampe dia taunya cuma belajar di sekolah dan gak menemukan apapun yang bikin hidupnya seru. Jadi biarlah dia belajar melalui bermainkan.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s