Cara Tepat Membersihkan Wajah

Hampir semua perempuan pasti sudah terbiasa dengan rutinitas mencuci muka sejak umur belasan. Tapi tahu gak sih, ternyata cuci muka itu gak boleh dikerjain asal-asalan lho. Ada cara yang baik dan benar supaya hasil membersihkannya maksimal dan kulit tetap terjaga.

Saya sendiri baru tahu setelah googling sana-sini. Kirain asal kucek-kucek saja. Ternyata kucek-kucek justru big no no! Hadeuh, umur sudah mau 30 tahun, tapi baru sekarang tahu bagaimana cara cuci muka yang benar, hihi..

Jadi langkah-langkah untuk mencuci muka yang benar adalah sebagai berikut:

1. Letakkan sabun cuci muka di tangan, gosok sampai berbusa.

Digarisbawahi ya: Proses pembentukkan busa itu di tangan ya, jangan di muka! Pokoknya muka harus menerima “tekanan” sesedikit mungkin. Satu lagi, saya pribadi selalu pilih tipe sabun yang foamy atau berbusa. Kenapa? Karena waktu SMA dulu, guru kimia saya pernah bilang kalau busa itulah yang berfungsi mengangkat kotoran.

2. Oleskan busa di 5 titik wajah.

Busa yang sudah terbentuk di tangan, dioles pelan-pelan ke hidung, dahi, pipi kanan, pipi kiri, dan dagu.

3. Pijat wajah dengan kelingking dengan gerakan berputar.

Ini dia bagian yang paling penting. Inget ya, proses “pijat” ini pake kelingking karena kelingking adalah jari yang paling bisa memijat dengan lembut tanpa memberi tekanan ke muka. Pijatan di mulai dari hidung bagian bawah sambil naik terus ke area T. Lanjutkan ke dahi, pipi, lalu dagu. Semua dari bagian tengah wajah ke bagian luar dengan gerakan berputar. Fungsi pijatan ini adalah untuk membersikan muka dengan maksimal karena tidak ada bagian wajah yang terlewatkan.

4. Bilas dengan lembut

Bilas dengan lembut dan tidak dikucek-kucek. Biarkan aliran air yang membersihkan sisa sabun, jangan tangan yang menggosok wajah. Usahakan membilas dengan air dingin ya, supaya pori-pori tertutup.

5. Keringkan dengan jari

Jangan pernah membiarkan muka dalam keadaan basah karena nanti airnya akan menguap sambil membawa elemen-elemen yang melembabkan kulit. Jadi setelah dibilas, keringkan dengan jari (karena pake handuk kadang terlalu kasar). Dalam keadaan masih lembab ini, langsung deh pake toner kesukaan. Selesai!!

Memang sih proses ini memakan waktu beberapa detik lebih lama dibanding cuci muka dengan asal kucek-kucek. Tapi kalau memang mau kulitnya tetap bagus dan gak cepat kendor, gak ada salahnya kan lebih berhati-hati merawat kulit dan spend waktu beberapa detik lebih lama.

Selamat mencoba ya. Saya pribadi merasa kulit lebih bersih setelah dibersihnya dengan cara seperti ini. Setiap selesai cuci muka, bawaannya hepi deh liat kulit bersih, hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s