Why You Should Make a Novel Blog?

Perjalanan menulis saya dimulai dari menulis sebuah novel blog. Menurut saya menulis novel blog benar-benar punya peranan penting dalam mewujudkan mimpi saya jadi seorang penulis. Makanya, saya gak pernah ragu kasih saran teman-teman yang punya cita-cita jadi penulis untuk mulai bikin novel blog.

Ada banyak manfaat yang saya rasakan dari menulis novel blog, seperti:

1. Melatih konsistensi

Di awal saya membuat novel blog, saya janji sama diri saya sendiri akan update novel blog satu chapter setiap minggunya. Yup, pokoknya harus disiplin. Tapi namanya manusia yah, kadang pasti ada malesnya. Nah, enaknya ada novel blog adalah ketika saya gak disiplin, pembaca-pembaca justru yang akan mengingatkan untuk update. Faktor luar seperti inilah yang kadang justru membantu saya tetap konsisten.

2. Mudah di-share

Kalau sudah mulai nulis, jangan pernah malu untuk nge-share tulisan kamu. Bukankah pada akhirnya kamu pengen buku kamu dibaca banyak orang? Dengan nulis di blog, saya merasa gampang banget untuk nge-share tulisan saya supaya dibaca banyak orang. Tinggal tinggalin link di facebook dan twitter. Beres deh!

3.  Dapet respon pembaca

Dengan menulis cerita di blog, semua pembaca bisa langsung kasih saran dan kritik di kolom komentar. Buat saya ini berguna banget deh. Saran dan kritik inilah yang bikin saya terus berusaha memperbaiki kualitas tulisan. Kritik-kritik pedas justru bikin gatel pengen nulis lebih baik lagi di chapter berikutnya. Selain saran dan kritik, bahkan ada juga pembaca yang hobi kasih ide kelanjutan cerita. Ini tentunya bisa jadi masukkan banget kalau lagi mengalami writer block.

4. Membangun penggemar

Suka gak suka, ujung dari menulis buku ya pasti jualan buku. Semua penulis pasti berharap bukunya dibeli banyak orang. Dengan novel blog ini, kamu bisa pelan-pelan membangun penggemar tulisanmu bahkan sebelum kamu punya buku yang diterbitkan penerbit. Jadi saat bukumu siap terbit, sudah ada orang-orang yang antri untuk beli bukmu.

5. Dapet statistik pembaca

Umumnya setiap blog menyediakan data atau statistik pembaca. Data-data ini jangan dicuekin aja ya, tapi justru harus digunakan dengan maksimal. Misalnya nih, dengan adanya data tentang sumber link yang membawa mereka ke blog kamu, kamu jadi bisa lebih fokus promosi di sumber tersebut. Tapi yang paling penting tentunya statistik jumlah pembaca. Kenapa? Karena ini bisa kamu jadikan modal untuk diajukan ke penerbit supaya blog kamu bisa diterbitkan sebagai buku.

That’s all! *I guess*

Lima poin ini adalah hasil dari pengalaman pribadi saya menulis novel blog sekitar 3 tahun lalu. Bisa jadi manfaatnya sebetulnya lebih banyak lagi, jadi sama sekali gak ada salahnya untuk dicoba.

Well, sebetulnya gak harus dalam bentuk blog sih. Sekarang ini kamu bisa tulis di wattpad.com atau storial.co (zaman saya dulu belum ada tuh). Menurut saya pribadi, dengan wattpad atau storial justru lebih enak dari blog karena memang fitur-fiturnya sudah dikhususkan untuk menunjang proyek novel blog kamu kan?

So, let’s write!

2 thoughts on “Why You Should Make a Novel Blog?

Leave a Reply

