Banoffee Pie with Oreo Crust

Gara-gara postingan seorang teman tentang Banoffee di Path beberapa waktu lalu, saya jadi kepengen banget bikin Banoffee. Iya, saya mah orangnya latahan deh kalo udah tentang makanan manis-manis. Akhirnya nyari-nyari deh di Youtube dan nemu resep Banoffee Pie ala Teteh Laura Vitale *sok ikrib.*

Saya memang suka banget sama resep-resepnya Laura Vitale. Bahannya selalu mudah dicari di Jakarta (or at least mudah disesuaikan) dan cara dia masak itu seolah-olah semuanya gampang banget dibuat. Tapi yang paling penting adalah rasanya enak. Terbukti dengan dia sekarang punya TV Show sendiri. Keren banget deh! *ini kenapa jadi ngomongin Laura Vitale ya?*

Anywaaay, saya excited banget waktu mau bikin banoffee ini soalnya ini bakal jadi pengalaman pertama saya bikin toffee. Astaga, selama ini saya sama sekali gak pernah tau toffee itu sebetulnya terbuat dari apa. Ternyata cuma susu mental manis, sodara-sodara!

Tahap pertama bikin Banoffee adalah bikin Toffee. Caranya sebetulnya gampang, cuma agak boros gas aja, hehe. Bahannya cuma susu kental manis kaleng! Buang kertas label di kaleng susu lalu rebus susu kental manis yang masih di kaleng tertutup ini selama 2,5 jam (yes, you read it right!). Pastikan semua bagian kaleng terendam air. Kalau air berkurang, tambahkan terus airnya. Jadi selalu di cek per 20 menit ya untuk memastikan seluruh bagian kaleng terendam.

Toffee sudah jadi? Cusss mari bikin Banoffee Pie-nya!

IMG_6836

Bahan:

  • 2 pack Oreo, pisahkan putihnya, haluskan
  • 6 sdm Unsalted Butter, cairkan
  • Toffee
  • 2 Pisang ukuran jumbo, potong-potong
  • 1 cup Whipped Cream cair
  • Cocoa Powder (optional)

Cara

  1. Panaskan oven 180 derajat.
  2. Tuang unsalted butter cair ke oreo yang telah halus. Aduk rata.
  3. Tuang adonan oreo ke loyang, tekan-tekan sampai rata menutupi seluruh dasar loyang.
  4. Panggang selama 10 menit.
  5. Susun pisang di atas oreo yang sudah dipanggang sampai menutupi seluruh bagian oreo
  6. Tuang Toffee menutupi pisang. Diamkan sekitar 10 menit.
  7. Kocok whipped cream cair hingga membentuk whipped cream.
  8. Tuang whipped cream di atas toffee.
  9. Taburi cocoa powder.
  10. Masukkan kulkas beberapa jam sebelum disantap.

Untuk resep Banoffee Pie ini, crust-nya memang sengaja saya ganti pakai oreo. Simply karena saya suka banget oreo. Sebetulnya akan terasa lebih original kalau pakai biskuit Marie aja sih. Kalau Teteh Laura sih pake graham cracker (yang mana saya gak tahu kalo di Jakarta carinya dimana).

Selain itu, cocoa powder juga bisa diganti kok. Bisa pake coklat parut, milo, dan lainnya. Atau sebetulnya gak usah pake juga udah enak kok soalnya kalau pengen ada rasa-rasa coklat kan juga sudah bisa didapat dari oreo crust-nya.

Asli ini enak banget. Gabungan oreo, pisang, dan toffee ini dahsyat banget deh. Tapiii harus diingat kalau makanan ini manisss banget. Kebayang dong, pake susu kaleng sebiji gitu lho! Jadi not really recommended buat yang gak gitu suka manis. Tapi buat yang suka manis, this is heaven! Makannya jangan banyak2 yah. Too much sugar is not good! *ngomong sama kaca*

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s