Puding Karamel

Saya itu penggemar berat puding karamel. Pokoknya suka banget banget banget deh! Sayangnya makanan satu ini jarang banget ada di acara kawinan, arisan, atau jenis acara kumpul-kumpul lainnya. Padahal bahannya sebetulnya simple banget lho.

Saya sendiri jarang banget tertarik bikin puding karamel karena selama ini saya selalu gagal bikin karamel. Pilihannya antara gulanya belum cair sempurna atau malah karamelnya gosong. Sedih deh! Huhu..

Tapi ceritanya kemarin itu tiba-tiba pengen banget. Jadi deh, membulatkan tekat buat bikin. Of course sebelumnya cari-cari tips dulu  tentang cara bikin karamel via youtube dan via nyokap biar gak gagal lagi.

Resep kali ini saya dapet dari channel youtube euginie kitchen. Tentunya dengan sedikit modifikasi dan penyesuaian disana-sini. Euginie Kitchen ini juga salah satu favorit saya. Resepnya sebagian besar makan manis-manis dan bahannya selalu simple. Bahkan banyak resep no-baked juga.

IMG_6723
Berikut ini resepnya:

Bahan Caramel:
– 2 sdm air
– 2/3 cup gula pasir

Bahan custard:
– 500 ml susu cair
– 100gr gula pasir
– Sejumput garam
– Sejumput vanili
– 3 butir telur

Cara:

  1. Campur air dan gula di panci stainless sampai jadi karamel. Tuang di wadah.
  2. Rebus susu sampai mendidih. Sisihkan.
  3. Kocok telur lalu tambahkan gula, garam, dan vanili.
  4. Masukkan susu perlahan ke telur yang telah dikocok.
  5. Tuang susu di atas karamel.
  6. Letakkan wadah karamel di wadah yg lebih besar. Pada wadah yg lebih besar, isi air sampai setengah tinggi wadah karamel.
  7. Panggang 40 menit

Alhamdulillah ya, hasilnya sangat memuaskan! Pudingnya super lembut dengan manis yang pas banget dimakan bareng karamel yang mencair. Si Ashya pun sangat amat doyan. Saya sampai batesin dia cuma boleh makan 2 wadah dalam sekali makan. Kalo gak gitu, pasti minta lagi, lagi, dan lagi.

Honestly, untuk bikin resep ini, saya bikin karamelnya sampe lebih dari sekali demi dapetin yang sempurna. Sedikit tips dari saya, saat gula dan air dicampur, aduk dulu sampai rata baru nyalakan api dan tunggu sampai mendidih. Saat gelembung2 medidihnya sudah agak banyak, langsung aduk terus pakai sendok kayu sampai jadi karamel.

Setelah berhasil bikin karamel, besok-besok saya mau bikin saos karamel deh! *optimis* :))

Leave a Reply

